Halo teman-teman berjumpa lagi bersama Hafizh disini, izinkan saya membagikan kembali tulisan yang ditulis oleh Ust. Andre Raditya pada channel telegramnya dan Saya ingin menulis ulang disini karena menurut saya ini sangat penting untuk Anda simak juga. Langsung saja Anda simak dibawah ini ya :

Mungkin Ini yang Membuat Rezekimu Gak Lancar

hidup susah

Pernah satu ketika saya jalan. Di sepatu saya ada kerikil kecil yg masuk. akhirnya saat jalan rasanya nggak nyaman, karena ngerasa ada yg ganjel.

Cuma konyolnya.. Saya nggak langsung lepas sepatu utk buang kerikilnya.

Saya masih mikir..masih bisa saya atasi, saya cuma ketuk2 sepatu saya dengan harapan kerikilnya geser ke depan atau ke samping biar gak keinjak langsung telapak kaki saya.

Gitu aja terus…
Tiap kerikil mulai ke tengah.. Saya ketuk lagi ke lantai.

Sampai akhirnya. Saya putuskan lepas sepatu. Terus buang kerikilnya..

Plong deh rasanya. Lega.

Kawan-kawan.. Apa yg bisa kita pelajari?

Ada hikmahnya ternyata. Kita ini, sebenarnya sudah ngerti dan sadar. Apa sebenarnya yg mengganggu hidup kita. Tapi kita lebih sering mengabaikannya.. Dianggap nggak ada.

Berpikir,.selama masih bisa diabaikan, lantas dianggap nggak jadi masalah.

Kita lebih seneng begitu.. Pake alasan malas, nanti aja, nunda, tanggung nih,, dan lain-lain.

Padahal,.berhenti sejenak. Lalu bereskan masalahnya. Bisa bikin kita lebih enteng jalannya.

Beresin segera masalah kita kalau hati kita memang sebenarnya udah tahu.

Kalau sama manusia. Ya buruan minta maaf.
Kalau sama Allah.. Ya buruan taubat.

Jangan sampai jadi pengganjal hidup.. Stop maksiat. Biar hidup jadi lebih melesat. Insyaallah

Penutup

Semoga dengan perumpamaan diatas Anda dapat mudah memahaminya, karena memang benar adanya seperti itu. Jika Anda merasa bisnis, kerja, hidup Anda begitu susah maka cobalah untuk menghilangkan AKAR dari masalah itu.

Semoga Bermanfaat & Salam Berbagi

Motivasi

Halo, berjumpa lagi bersama saya disini dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba SHARE tulisan om Agan Khalid yang dishare di channel telegramnya. Saya rasa tulisan ini bagus  dan bisa menadi bahan renungan kita juga, ooiya jika Anda ingin melihat langsung tulisan aslinya bisa mengikuti langkah berikut ini :

1) Klik M.Me/AganKhalid
2) Ketik “3Hewan”
(TANPA Tanda Kutip)
3) Tekan SEND/ENTER

Atau jika Anda memang males keluar dari web ini, bisa langsung baca yang saya copas plek tanpa diubah dibawah ini :

Oke, INTINYA, saya ingin menceritakan kembali isi khotbah yang saya dapat dari Khotbah Jumatan tadi siang.
Karena berkaitan dengan perumpamaan Allah dalam menggambarkan manusia dalam mencari harta lah, yang membuat saya berfikir “Sepertinya MASIH berhubungan nih kalau saya bagikan kepada para IM Subscriber saya”.

3 Hewan Sebagai Perumpamaan

#Laba-Laba

laba-laba

Hewan yang dibahas pertama oleh sang khotib adalah tentang Laba – Laba. Katanya laba – laba itu maunya nunggu mangsa yang ketangkap di rumah laba – labanya.

Gaaaaak mau mondar – mandir ke tempat lain. Ada Manusia yang kayak gitu dalam hal mencari rezeki Allah! Tidak mau beranjak ke tempat lain!

Dalam artian, tidak mau beranjak ke tempat lain beneran, atau tidak mau membuka pikiran untuk cara – cara lain. Keadaan lagi sulit, bukannya beralih, malahan diisinya dengan keluhan.

Nyari alternatifnya enggak, ngeluhnya, iya! KHAKH!

#Semut

semut

Hewan berikutnya adalah: Semut.

Sebenarnya ada sikap positif yang bisa diambil dari semut. Yaitu sikap kerja kerasnya.

Bahkan sanking kerasnya, semut sering banget mengangkat benda – benda atau makanan yang bahkan melebihi berat badan tubuhnya.

Baik sendiri – sendiri, maupun bareng – bareng.

Artinya kalau dikaitkan dengan mencari rezeki, sifat Kerja Keras semut dan sifat membuka diri untuk bekerja sama, adalah hal yang patut untuk kita tiru.
TAPI……., ternyata semut saking kerja kerasnya. Dia sering terlalu mengumpulkan makanan atau barang – barang.

Baik diperlukan atau tidak, si semut sukaaaa banget yang namanya nimbun. Yang mana, tidak terlalu penting.

Nah sifat BEKERJA KERAS MENIMBUN sesuatu yang berlebihan atau tidak terlalu penting lah yang kita harus jauhi dalam diri kita selagi mencari rezeki di dunia ini.

Jangan sampai fokusnya nimbun harta mulu!
Jangan sampai hartalah, yang buat kita begitu kerja keras siang dan malam tanpa henti.

Dan malahan jadi melupakan hal – hal yang lain, seperti berbagi, jaga kesehatan, silaturahmi, beribadah, dll.

#Lebah

lebah

Hewan berikutnya yang dibahas oleh Khotib yang sampai ada Suratnya dalam Al-Quran adalah: Lebah.
Lebah gak ada ceritanya tuh makan yang kotor – kotor. Selalu madu. Yang bersih.

Disini:
Sudahkah kita berusaha sebersih lebah dalam mencari makan? Kalo apa aja diterabas demi duit semata, yailah emang kita hidup sampe kapan sih? 1000 Tahun aja enggak.

Sampai sini, saya mungkin ingin menghimbau kepada barangkali yang masih cari rezeki dari yang gak halal, supaya kembali ke jalan yang benar.

Hanya sekedar menghimbau ya. Bukan sok suci. Ya mau atau tidak, terserah Anda sih sebenernya 🙂

*Masa yang katanya punya otak, kalah sama lebah? :v :3

Lebahpun punya sifat tidak suka mengganggu yang lain. Tapi kalau diganggu, ya dia nyengat!

Artinya: Dalam mencari rejeki jangan laaaaah melanggar sunnah Rasul. Seperti misalkan contoh gampangnya: NgePM-in orang – orang yang comment di FP orang lain.

Itu melanggar Sunnah Rasul loh!
Dilarang hal kayak gitu.

Sama seperti diatas, saya hanya mengingatkan. Mau tobat atau enggak. PASTI ada balesannya. Baik di dunia atau di akhirat.

Masih mending kalau dibalesnya di dunia. Lah kalau di akhirat? Wayuluuuuuuuuuu.

Penutup

Oke demikian tulisan yang Saya copy dan saya rasa sangat penting untuk para subscriber blog ini untuk membacanya.. Semoga bermanfaat dan salam miliarder dari saya 🙂

Motivasi

Penyebab Gagalnya Starup – Bertemu lagi bersama Hafizh disini, pada kesempatan kali ini saya Akan mencoba memaparkan penyebab utama dari gagalnya sebuah startup yang baru dibangun, di bawah nanti akan saya berikan infographic yang nantinya bisa mudah Anda pelajari tanpa perlu dicatat banyak-banyak, cukup satu gambar saja.

Oke, langsung saja ya :

5 Penyebab Utama Gagalnya Sebuah Startup

Setiap orang dapat membuka bisnis, tetapi tidak semua orang dapat mengembangkan bisnis mereka hingga berhasil… Apakah Anda pernah bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab kegagalan suatu bisnis? Apakah kurang modal satu-satunya penyebab gagalnya sebuah bisnis?

1. Tidak Memiliki Planning

Mereka tidak memiliki rencana yg konkret dan ide-ide brilian, dan kurangnya bimbingan (tidak memiliki mentor) untuk menjalankan operasi sehari-hari dari bisnis mereka. Mereka gagal untuk menyadari perencanaan esensi dalam sebuah bisnis, dan hanya berbisnis untuk urusan PERUT mereka.

Untuk awal-awal segera action memang perlu, tapi untuk menjadi BESAR sebuah bisnis perlu perencanaan yang matang agar hasil yang didapat maksimal.

2. Kurangnya Memanfaatkan Peluang

Mereka berpikir bahwa mereka akan memperoleh penghasilan yang besar dengan sendirinya tanpa bekerja sama dengan pengusaha lain. Egoisme bisa menjadi alasan yang mungkin menghalangi mereka dari menerima orang lain, sehingga membuat peluang untuk mengembangkan bisnis.

Percayalah, Anda tidak akan bisa bekerbang tanpa sinergi dengan yang lain. Runtuhkan sedikit ego Anda untuk mendapatkan tujuan bisnis Anda.

Baca Juga : 10 Pemilik Bisnis yang Sukses di Usia Tua

3. Tidak Menguasai Produk

Pemula yang merasa berpengalaman berpikir bahwa mereka sudah menguasai produk, tetapi pada kenyataannya nihil sama sekali  sehingga menjadi penyebab kegagalan. Banyak orang tidak menyadari tentang bagaimana untuk fokus pada niche yang sedang ia kerjakan,  bagaimana mengelola karyawan, bagaimana mengelola pendapatan  keuangan mereka, bagaimana untuk menjangkau pelanggan mereka,  dan lain-lain.

Sungguh sangat penting menguasai product knowledge secara matang, tujuannya apa? Dari situ Anda bisa menganaisis semuanya, mulai dari kelebihan dan kekurangan sebuah bisnis.

4. Visi Tidak Jelas

Pengusaha yang baru gagal merencanakan bisnis mereka  untuk pertimbangan jangka panjang. Mereka fokus terutama  pada situasi saat ini. Mereka lebih mendapatkan uang cepat  dengan investasi yang sangat sedikit pada bisnis mereka.  Ketahuilah, mindset seperti ini menyebabkan hancurnya sebuah bisnis.

Visi merupakan hal yang terpengting dalam sebuah bisnis, karena itulah yang akan menunjukkan mau kemana arah bisnis Anda nantinya.

5. Mudah Menyerah

Ketika mereka merasa seperti semuanya gagal, mereka menyerah dalam berbisnis dengan alasan bahwa lebih baik tidak kehilangan terlalu banyak uang. Mereka takut gagal dan memilih untuk mengakhiri semuanya daripada menyebabkan  kekacauan lebih besar.

Percayalah, jika Thomas Alva Edison sudah menyerah dalam percobaan mengembangkan lampu pijar, maka tidak ada namanya lampu sekarang ini. Bertanggung jawablah terhadap diri sendiri, karena sudah masuk ke dalam dunia bisnis, Anda yang memulai, maka Anda pula yang menyelesaikan….

Oke, sekian pemaparan dari saya, untuk lebih mudahnya sudah saya buatkan infographic agar lebih mudah dalam mempelajarinya :

penyebab starup gagal

Semoga bermanfaat & salam berbagi…

Motivasi

Psikologi Warna Bisnis – Apakah Anda tahu bahwa warna utama dari bisnis Anda dapat meninggalkan kesan yang tak terlupakan dalam pikiran pelanggan Anda ? Warna mewakili semangat dan tujuan yang Anda ingin sampaikan pada publik. Oleh karena itu pastikan memilih warna yag sesuai dengan bisnis Anda, berikut saya akan mencoba memberikan infographic tentang psikologi warna bisnis yang perlu Anda ketahui :

Psikologi Warna Bisnis : Tentukan Pilihan Anda

psikologi warna bisnis

Perlu diperhatikan bahwa warna bisnis yang dimaksud adalah warna dominan, bukan warna keseluruhan. Karena banyak warna yang dikolaborasikan, tetapi pasti ada yang dominannya dan itulah yang akan menjadi warna bisnis.

Dan penting juga saya sampaikan, dalam bisnis tidak pasti mempunyai nilai-nilai warna semuanya, bisa jadi salah satu atau semuanya.

Langsung saja saya akan mencba menjelaskan satu persatu dari warna-warna di atas :

  • Merah (Aktif, Bergairah, Agresif, Provokatif, Perhatian Untuk Meraih)

Contoh bisnis yang dominan warna merah : J&T, dll

#Aktif : Merah melambangkan ke aktifan dalam sebuah bisnis, aktif seperti apa? Ia akan aktif menjadi Bergairah, Agresif, Provokatif, Perhatian Untuk Meraih

#Bergairah : Merah melambangkan bergairahnya sebuah bisnis, tidak ada kata lesu.

#Agresif : Pergerakan yang agresif membuat warna merah cocok bagi Anda yang memiliki bisnis dengan gerakan ini.

#Provokatif : Provokatif ini lebih tepat diartikan disini ialah merangsang, merangsang calon pelanggan bisnis untuk segera membeli

#Perhatian Untuk Meraih : Warna merah juga biasa disebut warna ngejreng, itulah warna yang meraih pandangan pertama konsumen

  • Biru (Menghibur, Percaya Diri, Profesional, Dapat Dipercaya, Tanggung Jawab)

Contoh bisnis yang dominan warna biru : Aqua, dll

#Menghibur : Biru melambangkan sebuah bisnis yang menghibur, baik itu dari segi tampilan produk, pelayanan, dan lainnya

#Percaya Diri : Rasa percaya diri dimiliki oleh si biru, walaupun bisnisnya baru dan orang lain mengganggap itu mustahil, percayalah warna ini tetap eksis

#Profesional : Saya rasa seluruh warna memiliki ini, tetapi biru lebih mengedepankan bisnis yang profesional

#Dapat Dipercaya : Warna biru mendefinisikan dapat dipercaya, bagi pelanggan ataupun investor

#Tanggung Jawab : Biru menandakan bisnis yang bertanggung jawab, terhadap lingkungan (eksternal) ataupun karyawan (internal)

  • Kuning (Energik, Segar, Riang, Positif, Termotivasi)

Contoh bisnis yang dominan warna kuning : Indosat Ooredoo, dll

#Energik, Riang, Segar : Saya jadikan satu, karena saya rasa itu mewakili dari kata-kata energik untuk sebuah bisnis

#Positif : Bisnis yang selalu berpikir positif untuk maju

#Termotivasi : Tidak terlena akan kegagalan atau tidak terhanyutketika berada diatas, selalu termotivasi menjadi yang terbaik

  • Hijau (Etis, Kaya, Sehat, Bergengsi, Tenang)

Contoh bisnis yang dominan warna hijau : Gojek, dll

#Etis : Bisnis yang memiliki sifat etis atau disini lebih kepada etika yang baik

#Kaya & Sehat : Bisnis yang sifatnya make money atau tentang kesehatan, warna hijau adalah yang utama

#Bergengsi : Warna hijau melambangkan bisnis yang bergengsi, tidak asal-asalan

#Tenang : Ketenangan dalam bisnis dalam setiap keadaan apapun

  • Ungu (Glamor, Imajinatif, Canggih, Misterius, Spiritual)

Contoh bisnis yang dominan warna ungu : Rabbani, dll

#Glamor : Bisa dikatakan bisnis yang menggunakan warna ungu identik dengan produk glamor, cocok untuk Anda yang memiliki produk menengah keatas

#Imajinatif & Canggih : Ungu melambangkan bisnis yang kekinian, update, dan terus berkembang mengikuti zaman

#Misterius : Tak luput juga, ungu merupakan bisnis yang menggambar sebuah ke misterius an

#Spiritual : Dari contoh di atas, Rabbani memiliki salah satu dari sekian banyak arti warna ungu yaitu spiritual

Baca Juga :

– Cara Meningkatkan Penjualan : Konversi Prospek Jadi Pelanggan

– Cara Pemasaran Online Out Of The Box

Oke, mungkin pada kesempatan ini saya hanya menjabarkan 5 warna saja ya.. Karena saya rasa lima warna lainnya dapat dipahami sendiri dari kata-katanya :

  • Orange (Antusias, Kreatif, Bertekad, Mental, Merangsang, Komunikatif)
  • Hitam (Berani, Serius, Mewah, Licin, Powerfull)
  • Coklat (Handal, Mendukung, Diandalkan, Tahan Lama, natural)
  • Putih (Kesederhanaan, Murni, Mulia, Bersih, Lembut)
  • Ping (Romantis, Wanita, Menyenangkan, Lemah Lembut, Halus)

Semoga bermanfaat & salam berbagi 🙂

Marketing

Halo teman-teman, bertemu lagi bersama Saya disini dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai hukum kelebihan ongkir bagi pembeli, bagaimana sikap penjual yang menerima. Perlu diperhatikan terlebih dahulu, pada kasus kali ini adalah jua beli online dan saya rasa Anda paham akan hal itu. Dilema ini biasa dirasakan bagi para penjual, yang merasa kelebihan ongkir yang sudah dicek sebelumya dan kelebihan dari biaya actual dan ini telah dibebankan kepada konsumen, Anda sebagai penjual pasti merasa bersalah dan tidak tahu apa yang ingin dilakukan. Begini saya coba rinci :

Kasus ini biasanya jika Anda mengecek ongkir dengan penyedia ongkir yang all ini one, seperti raja ongkir, dll yang mana disitu dapat mengecek tarif JNE, J&T, POS, Tiki, dll. Saya juga pernah mengalami hal ini yang mana mengecek ongkir ke Papua menggunakan raja ongkir 149rb dan ternyata pas bayar ke J&T cuma 119rb dan ini selisihnya cukup banyak 30rb.

hukum kelebihan ongkir pembeli

Perlu diperhatikan, disini pembeli hanya membeli barang dan ongkir bukanlah masuk dalam barang yang ingin dibelinya. Oleh karena itu kelebihan ongkir walaupun 1000, 2000, 4000, atau 50.000 tetap merupakan hak pembeli dan bukan hak Anda. Solusinya bagaimana?? Begini :

Baca Juga : Bisnis Online Syariah Terpercaya dan Menguntungkan

  • Untuk Anda kedepannya, pakailah aplikasi dari jasa kurir resminya. Misal J&T ya cek ongkir memakai aplikasi cek ongkir dari J&T dan lainnya juga sama, mereka sudah menyediakan cek ongkir masing-masing, jadi lebih akurat.
  • Bagi Anda yang berjualan di marketplace, bisa langsung hub admin dan bilang ada kelebihan ongkir dari pembeli, lalu minta saja potong saldo di akun marketpace dan berikan kepada pembeli.
  • Jika Anda berjualan dan bertransaksi kepada pembeli langsung, tanyakan kepada pembeli ada kelebihan ongkir.  Jika kelebihannya cuma 1000 atau 2000 bisa tawarkan kepada dia untuk menyimpan uang dia ke Anda dan untuk pembelanjaan selanjutnya bisa dipotong dari kelebihan ongkir tersebut atau jika kelebihan ongkirnya mencapai 30.000 seperti contoh saya diatas, bisa langsung ditransfer jika ia menghendaki atau jika ia bilang untuk mengikhlaskan, tidak mengapa untuk diambil

Wallahua’lam Bishowab

Fiqh Muamalah