3 Hewan Sebagai Perumpamaan Manusia Dalam Mencari Harta

Halo, berjumpa lagi bersama saya disini dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba SHARE tulisan om Agan Khalid yang dishare di channel telegramnya. Saya rasa tulisan ini bagus  dan bisa menadi bahan renungan kita juga, ooiya jika Anda ingin melihat langsung tulisan aslinya bisa mengikuti langkah berikut ini :

1) Klik M.Me/AganKhalid
2) Ketik “3Hewan”
(TANPA Tanda Kutip)
3) Tekan SEND/ENTER

Atau jika Anda memang males keluar dari web ini, bisa langsung baca yang saya copas plek tanpa diubah dibawah ini :

Oke, INTINYA, saya ingin menceritakan kembali isi khotbah yang saya dapat dari Khotbah Jumatan tadi siang.
Karena berkaitan dengan perumpamaan Allah dalam menggambarkan manusia dalam mencari harta lah, yang membuat saya berfikir “Sepertinya MASIH berhubungan nih kalau saya bagikan kepada para IM Subscriber saya”.

3 Hewan Sebagai Perumpamaan

#Laba-Laba

laba-laba

Hewan yang dibahas pertama oleh sang khotib adalah tentang Laba – Laba. Katanya laba – laba itu maunya nunggu mangsa yang ketangkap di rumah laba – labanya.

Gaaaaak mau mondar – mandir ke tempat lain. Ada Manusia yang kayak gitu dalam hal mencari rezeki Allah! Tidak mau beranjak ke tempat lain!

Dalam artian, tidak mau beranjak ke tempat lain beneran, atau tidak mau membuka pikiran untuk cara – cara lain. Keadaan lagi sulit, bukannya beralih, malahan diisinya dengan keluhan.

Nyari alternatifnya enggak, ngeluhnya, iya! KHAKH!

#Semut

semut

Hewan berikutnya adalah: Semut.

Sebenarnya ada sikap positif yang bisa diambil dari semut. Yaitu sikap kerja kerasnya.

Bahkan sanking kerasnya, semut sering banget mengangkat benda – benda atau makanan yang bahkan melebihi berat badan tubuhnya.

Baik sendiri – sendiri, maupun bareng – bareng.

Artinya kalau dikaitkan dengan mencari rezeki, sifat Kerja Keras semut dan sifat membuka diri untuk bekerja sama, adalah hal yang patut untuk kita tiru.
TAPI……., ternyata semut saking kerja kerasnya. Dia sering terlalu mengumpulkan makanan atau barang – barang.

Baik diperlukan atau tidak, si semut sukaaaa banget yang namanya nimbun. Yang mana, tidak terlalu penting.

Nah sifat BEKERJA KERAS MENIMBUN sesuatu yang berlebihan atau tidak terlalu penting lah yang kita harus jauhi dalam diri kita selagi mencari rezeki di dunia ini.

Jangan sampai fokusnya nimbun harta mulu!
Jangan sampai hartalah, yang buat kita begitu kerja keras siang dan malam tanpa henti.

Dan malahan jadi melupakan hal – hal yang lain, seperti berbagi, jaga kesehatan, silaturahmi, beribadah, dll.

#Lebah

lebah

Hewan berikutnya yang dibahas oleh Khotib yang sampai ada Suratnya dalam Al-Quran adalah: Lebah.
Lebah gak ada ceritanya tuh makan yang kotor – kotor. Selalu madu. Yang bersih.

Disini:
Sudahkah kita berusaha sebersih lebah dalam mencari makan? Kalo apa aja diterabas demi duit semata, yailah emang kita hidup sampe kapan sih? 1000 Tahun aja enggak.

Sampai sini, saya mungkin ingin menghimbau kepada barangkali yang masih cari rezeki dari yang gak halal, supaya kembali ke jalan yang benar.

Hanya sekedar menghimbau ya. Bukan sok suci. Ya mau atau tidak, terserah Anda sih sebenernya 🙂

*Masa yang katanya punya otak, kalah sama lebah? :v :3

Lebahpun punya sifat tidak suka mengganggu yang lain. Tapi kalau diganggu, ya dia nyengat!

Artinya: Dalam mencari rejeki jangan laaaaah melanggar sunnah Rasul. Seperti misalkan contoh gampangnya: NgePM-in orang – orang yang comment di FP orang lain.

Itu melanggar Sunnah Rasul loh!
Dilarang hal kayak gitu.

Sama seperti diatas, saya hanya mengingatkan. Mau tobat atau enggak. PASTI ada balesannya. Baik di dunia atau di akhirat.

Masih mending kalau dibalesnya di dunia. Lah kalau di akhirat? Wayuluuuuuuuuuu.

Penutup

Oke demikian tulisan yang Saya copy dan saya rasa sangat penting untuk para subscriber blog ini untuk membacanya.. Semoga bermanfaat dan salam miliarder dari saya 🙂

Incoming Search Terms:

  • perumpaan bisnis
  • perumpamaan hewan yang bekerja keras
  • perumpamaan kalau hidup hanya sekedar hidup semut juga bisa

Related Post

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *