Hukum Kelebihan Ongkir Pembeli : Ini Jawabannya

Halo teman-teman, bertemu lagi bersama Saya disini dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai hukum kelebihan ongkir bagi pembeli, bagaimana sikap penjual yang menerima. Perlu diperhatikan terlebih dahulu, pada kasus kali ini adalah jua beli online dan saya rasa Anda paham akan hal itu. Dilema ini biasa dirasakan bagi para penjual, yang merasa kelebihan ongkir yang sudah dicek sebelumya dan kelebihan dari biaya actual dan ini telah dibebankan kepada konsumen, Anda sebagai penjual pasti merasa bersalah dan tidak tahu apa yang ingin dilakukan. Begini saya coba rinci :

Kasus ini biasanya jika Anda mengecek ongkir dengan penyedia ongkir yang all ini one, seperti raja ongkir, dll yang mana disitu dapat mengecek tarif JNE, J&T, POS, Tiki, dll. Saya juga pernah mengalami hal ini yang mana mengecek ongkir ke Papua menggunakan raja ongkir 149rb dan ternyata pas bayar ke J&T cuma 119rb dan ini selisihnya cukup banyak 30rb.

hukum kelebihan ongkir pembeli

Perlu diperhatikan, disini pembeli hanya membeli barang dan ongkir bukanlah masuk dalam barang yang ingin dibelinya. Oleh karena itu kelebihan ongkir walaupun 1000, 2000, 4000, atau 50.000 tetap merupakan hak pembeli dan bukan hak Anda. Solusinya bagaimana?? Begini :

Baca Juga : Bisnis Online Syariah Terpercaya dan Menguntungkan

  • Untuk Anda kedepannya, pakailah aplikasi dari jasa kurir resminya. Misal J&T ya cek ongkir memakai aplikasi cek ongkir dari J&T dan lainnya juga sama, mereka sudah menyediakan cek ongkir masing-masing, jadi lebih akurat.
  • Bagi Anda yang berjualan di marketplace, bisa langsung hub admin dan bilang ada kelebihan ongkir dari pembeli, lalu minta saja potong saldo di akun marketpace dan berikan kepada pembeli.
  • Jika Anda berjualan dan bertransaksi kepada pembeli langsung, tanyakan kepada pembeli ada kelebihan ongkir.  Jika kelebihannya cuma 1000 atau 2000 bisa tawarkan kepada dia untuk menyimpan uang dia ke Anda dan untuk pembelanjaan selanjutnya bisa dipotong dari kelebihan ongkir tersebut atau jika kelebihan ongkirnya mencapai 30.000 seperti contoh saya diatas, bisa langsung ditransfer jika ia menghendaki atau jika ia bilang untuk mengikhlaskan, tidak mengapa untuk diambil

Wallahua’lam Bishowab

Related Post

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *