5 Penyebab Utama Gagalnya Sebuah Startup : Perlu Anda Ketahui

Penyebab Gagalnya Starup – Bertemu lagi bersama Hafizh disini, pada kesempatan kali ini saya Akan mencoba memaparkan penyebab utama dari gagalnya sebuah startup yang baru dibangun, di bawah nanti akan saya berikan infographic yang nantinya bisa mudah Anda pelajari tanpa perlu dicatat banyak-banyak, cukup satu gambar saja.

Oke, langsung saja ya :

5 Penyebab Utama Gagalnya Sebuah Startup

Setiap orang dapat membuka bisnis, tetapi tidak semua orang dapat mengembangkan bisnis mereka hingga berhasil… Apakah Anda pernah bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab kegagalan suatu bisnis? Apakah kurang modal satu-satunya penyebab gagalnya sebuah bisnis?

1. Tidak Memiliki Planning

Mereka tidak memiliki rencana yg konkret dan ide-ide brilian, dan kurangnya bimbingan (tidak memiliki mentor) untuk menjalankan operasi sehari-hari dari bisnis mereka. Mereka gagal untuk menyadari perencanaan esensi dalam sebuah bisnis, dan hanya berbisnis untuk urusan PERUT mereka.

Untuk awal-awal segera action memang perlu, tapi untuk menjadi BESAR sebuah bisnis perlu perencanaan yang matang agar hasil yang didapat maksimal.

2. Kurangnya Memanfaatkan Peluang

Mereka berpikir bahwa mereka akan memperoleh penghasilan yang besar dengan sendirinya tanpa bekerja sama dengan pengusaha lain. Egoisme bisa menjadi alasan yang mungkin menghalangi mereka dari menerima orang lain, sehingga membuat peluang untuk mengembangkan bisnis.

Percayalah, Anda tidak akan bisa bekerbang tanpa sinergi dengan yang lain. Runtuhkan sedikit ego Anda untuk mendapatkan tujuan bisnis Anda.

Baca Juga : 10 Pemilik Bisnis yang Sukses di Usia Tua

3. Tidak Menguasai Produk

Pemula yang merasa berpengalaman berpikir bahwa mereka sudah menguasai produk, tetapi pada kenyataannya nihil sama sekali  sehingga menjadi penyebab kegagalan. Banyak orang tidak menyadari tentang bagaimana untuk fokus pada niche yang sedang ia kerjakan,  bagaimana mengelola karyawan, bagaimana mengelola pendapatan  keuangan mereka, bagaimana untuk menjangkau pelanggan mereka,  dan lain-lain.

Sungguh sangat penting menguasai product knowledge secara matang, tujuannya apa? Dari situ Anda bisa menganaisis semuanya, mulai dari kelebihan dan kekurangan sebuah bisnis.

4. Visi Tidak Jelas

Pengusaha yang baru gagal merencanakan bisnis mereka  untuk pertimbangan jangka panjang. Mereka fokus terutama  pada situasi saat ini. Mereka lebih mendapatkan uang cepat  dengan investasi yang sangat sedikit pada bisnis mereka.  Ketahuilah, mindset seperti ini menyebabkan hancurnya sebuah bisnis.

Visi merupakan hal yang terpengting dalam sebuah bisnis, karena itulah yang akan menunjukkan mau kemana arah bisnis Anda nantinya.

5. Mudah Menyerah

Ketika mereka merasa seperti semuanya gagal, mereka menyerah dalam berbisnis dengan alasan bahwa lebih baik tidak kehilangan terlalu banyak uang. Mereka takut gagal dan memilih untuk mengakhiri semuanya daripada menyebabkan  kekacauan lebih besar.

Percayalah, jika Thomas Alva Edison sudah menyerah dalam percobaan mengembangkan lampu pijar, maka tidak ada namanya lampu sekarang ini. Bertanggung jawablah terhadap diri sendiri, karena sudah masuk ke dalam dunia bisnis, Anda yang memulai, maka Anda pula yang menyelesaikan….

Oke, sekian pemaparan dari saya, untuk lebih mudahnya sudah saya buatkan infographic agar lebih mudah dalam mempelajarinya :

penyebab starup gagal

Semoga bermanfaat & salam berbagi…

Incoming Search Terms:

  • gagalnya
  • Penyebab kegagalan mudah percaya dalam bisnis
  • penyebab kegagalan start up bisnis

Related Post

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *