Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pada kesempatan kali saya akan mencoba membahas mengenai pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan. Tulisan ini nantinya agak panjang, tapi tenang saja akan saya buat dalam bentuk cerita agar Anda mudah memahaminya dan pastinya tidak bosan buat membacanya. Oke langsung saja, silahkan menyimak :

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas

Pada suatu hari Reza nongkrong di cafe ditemani dengan segelas kopi andalannya, laptop yang setia menemani pun tak luput darinya. Reza adalah seorang manajer di  sebuah perusahaan BUMN (Badan Usaha Millik Negara) yaitu Pertamina.

Ketika sedang asyiknya ngopi, Reza melihat temannya lewat yang tidak asing lagi baginya yaitu Rizki. Tanpa pikir panjang Reza memanggil Rizki. Rizki pun menoleh dan langsung menghampiri Reza dengan senyum yang sumringah, mereka bersalaman dan berpelukan sebagai seorang sahabat.

Lalu mereka terlibat percakapan yang mengundang nostalgia, karena memang sudah lama tidak bertemu.

#Reza : Hai ki, dah lama ya gak ketemu…. Terakhir kita ketemu itu pas acara reunian kampus 3 bulan lalu

*Rizki : Iya ya za, hehe… Ooiya za, denger-denger kamu sekarang kerja jadi manajer di Pertamina ya?

#Reza : Iya ki, alhamdulillah dapat amanah jadi manajer Pertamina.. Ngomong-ngomong kalo kamu sekarang kerja dimana ki?

*Rizki : Aku baru aja resign za, soalnya kerjaan gak sesuai dengan minat. Kan Aku ini sukanya internet marketing za, dari mulai SEO, Fbads, Email Marketing, dll…

#Reza : Wah, kebetulan banget ni ki.. Pertamina lagi butuh internet marketer buat ningkatin brand awareness, gimana kalo kamu nanti jadi supervisor divisi internet marketing di tempat Aku ki??

*Rizki : Iya za, Aku mau (senyum sumringah)… Ooiya za, Pertamina tu perusahaan swasta atau BUMN ya za? Terus produknya selain minyak apalagi?

#Reza : Mudahnya itu gini ki :

Pertamina adalah sebuah BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi yang ada di Indonesia. Sebelumnya Pertamina adalah singakatan dari ”Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara”.

Biar lebih jelas lagi, bisa kamu liat video profil pertamina ini ya ki (dengan menghadapkan laptop ke Rizki) :


Secara sederhananya seperti itu, nah nanti tugas kamu itu gimana ningkatin Brand Awareness nya dengan tagline Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

*Rizki : Oke, sekarang kegambar tentang Pertamina… Terus biar  nanti bisa bangun strategi, Aku perlu tau produk pertamina itu apa aja ya Za?

#Reza : Oke, ini mungkin agak panjang penjelasannya… Kamu pesan kopi juga ya ki, biar enak kita ngobrolnya, hehe…

Mereka menikmati kopi yang telah tersedia, dilanjutkan dengan penjelasan Reza mengenai produk Pertamina.

1. LPG Pertamina

lpg pertamina

#Reza : Pertama yang harus kamu ketahui ki, tentang produk Pertamina adalah LPG (Liquefied Petroleum Gas) dengan brand ELPIJI.. LPG itu gas hidrokarbon yang diproduksi dari kilang minyak & kilang gas dengan komponen utamanya menggunakan C3H8 (gas propane) dan C4H10 (butane).

*Rizki : Oke, untuk bentuk LPG ini sendiri dari bahannya terdapat kilang minyak dan kilang gas, apa bentuk LPG hanya gas saja za?

#Reza : Begini ki, untuk tekanan atmosfir, LPG berbentuk gas, tetapi untuk kemudahan distribusinya, LPG diubah fasanya menjadi cair dengan memberi tekanan. Dalam bentuk cair, LPG mudah didistribusikan dalam tabung ataupun tanki.

*Rizki : Kegunaan dari LPG ini sendiri untuk masyarakat kita apa za?

#Reza : Di Indonesia sendiri, LPG digunakan  sebagai bahan bakar untuk memasak. Konsumen LPG ini bervariasi ki, mulai dari rumah tangga, kalangan komersial (restoran, hotel, dll), sampai industri. Di kalangan industri, LPG aman digunakan sebagai bahan bakar pada industri makanan, keramik, gelas serta bahan bakar forklift. Selain itu, LPG juga dapat digunakan sebagai bahan baku pada industri aerosol serta refrigerant ramah lingkungan.

*Rizki : Oke, nanti ini sebagai referensi Aku buat konten marketingnya…. Biar makin banyak referensi Aku masih butuh lagi za buat memperkaya konten, kira-kira alasan mengapa masyarakat harus menggunakan LPG pertamina apa za?

#Reza : Dibandingkan dengan bahan bakar lain, penggunaan LPG lebih menguntungkan, karena :

  • Pertama, Bersih

Hasil pembakaran LPG bersih dengan emisi yang rendah.

  • Kedua, Stabil

Pembakaran LPG menghasilkan nilai kalori yang tinggi dan stabil.

  • Ketiga, Fleksibel

LPG dapat didistribusikan ke daerah manapun menggunakan skid tank ataupun tongkang, hingga ke daerah yang jauh dari supply point.

  • Keempat, Cocok untuk produk yang sensitif dalam hal bau

Hasil pembakaran LPG tidak meninggalkan bau, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan bakar ataupun bahan baku untuk industri yang produknya sensitif terhadap bau.

  • Keempat, Ramah lingkungan

Karena hasil pembakaran LPG yang bersih, penggunaan LPG akan ikut menunjang tuntutan dunia akan penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan.

*Rizki : Lengkap banget za, ini baru 1 produk dari pertamina, belum yang lainnya.. hehe

#Reza : Iya, ini baru satu ya… Kita pesan kentang goreng dulu yuk, biar lebih enak ngobrolnya

Sambil menyantap kentang goreng, Reza dan Rizki  sangat menikmati pertemuan mereka.

2. Bright Gas

bright gas

 

Setelah makan kentang goreng sebentar Reza melanjutkan review produk Pertamina ke Rizki agar ia lebih paham dan mudah nantinya untuk mengerjakan tugasnya.

#Reza : Oke ki, lanjut ya.. hehe

*Rizki : Siap za.

#Reza : Produk berikutnya dari Pertamina itu Bright Gas 5,5Kg, bright gas hemat ini juga termasuk LPG dengan kemasan yang sangat praktis serta mudah untuk dibawa kemana-mana. Dan paling hebatnya lagi bright gas ini dilengkapi dengan fitur tabung yang lebih aman dan menjamin kualitas isinya.

*Rizki : Untuk detailnya kelebihan dari bright gas ini apa za?

#Reza : Biar lebih enak, Aku paparin secara urut ya kelebihan dari bright gas ini :

Pertama, Tingkat Keamanan yang Lebih Baik

Tabung Bright Gas 5,5 Kg ini memiliki fitur Katup Ganda DSVS (Double Spindle Valve System) yang 2x lebih aman dalam mencegah kebocoran pada kepala tabung, karena memang kepala tabung bisa menjadi sumber dari kebaran. Untuk menjamin kualitas dan ketepatan isi, Bright Gas 5,5 kg juga dilengkapi dengan Segel Hologram dengan fitur OCS (Optical Color Switch) yang telah memperoleh paten dan tidak dapat dipalsukan, jadi Anda tidak perlu khawatir mendapatkan barang yang palsu atau KW. Selain itu, pada tabung Bright Gas 5,5 Kg juga terdapat Sticker safety penggunaan tabung sehingga konsumen dapat lebih tersosialisasikan bagaimana cara memasang dan menggunakan tabung yang benar, Anda tidak perlu takut karena tidak bisa memasangnya.

Kedua, Tingkat Kenyamanan yang Lebih Baik

Dengan berat tabung hanya 12,6 Kg, tabung Bright Gas 5,5 Kg sangat ringan untuk dibawa. Sehingga untuk para Ibu atau anak remaja yang selama ini merasa kesulitan dalam membawa tabung gas untuk memasak kini tidak perlu khawatir lagi dengan kemudahan yang diberikan bright gas masalah tersebut sudah teratasi. Tetapi jika bright gas sendiri juga memfasilitasi dengan adanya fitur bright gas layan antar tanpa harus kita yang membawanya.

Ketiga, Harga yang Nyaman di Kantong

Dengan harga jual isi ulang yang ditawarkan sebesar Rp 57.500/tabung*) untuk daerah Jawa & Bali, dan Rp 62.000/tabung*) untuk daerah Kalimantan, dengan harga demikian sangat nyaman dan diuntungkan bagi konsumen.

Ini ada video singkat kelebihan dari bright gas ki, biar lebih jelas :


Itu ki, kelebihan dari bright gas.

*Rizki : Memang keunggulan dari bright gas ini sangat membantu masyarakat ya Za, ELPIJI sendiri kan ada ukuran 3kg dan 12 kg, nanti apakah itu akan ditarik dan semua digantikan dengan bright gas ini yang berukuran 5,5kg?

#Reza : Sampai saat ini belum ada kebijakan dari Pemerintah untuk menarik ELPIJI 3 kg tersebut, sehingga  tidak ada pengurangan atau penarikan produk baik ELPIJI 3 kg ataupun 12 kg. Bright Gas 5,5 kg adalah produk baru yg muncul sebagai alternatif produk premium bagi konsumen yang menginginkan kelebihan-kelebihan setara Bright Gas 12 kg dengan harga terjangkau, sedangkan penggunaan ELPIJI 3 kg merupakan produk yang disubsidi oleh Pemerintah.

Begitu, masih ada yang kurang jelas??

*Rizki : Mungkin ini pertanyaan agak lucu, tapi daripada terpendam lebih baik aku tanyain aja.. hehe

Gini za, kenapa tabung bright gas itu warnanya pink??

#Reza : Hehe, memang banyak yang bertanya seperti itu za, tapi memang itu disengaja warna pink dan ada filosofinya, yaitu :

Bright Gas 5,5 kg ini mempunyai semangat untuk memberikan nuansa memasak yang lebih ceria dan menghangatkan keluarga, Bright Gas hadir dengan warna  pink. Dengan memberikan fitur tabung yang modern dan keamanan ganda, warna pink ini cocok sebagai filosofinya untuk kaum wanita atau ibu-ibu yang smart, berjiwa dinamis, modern, dan menginginkan produk sangat terjamin isinya serta memberikan keamanan dan kenyaman untuk keluarga di rumah.

*Rizki : Sekarang Aku mulai paham za, kenapa tagline Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan itu cocok sekali untuk Pertamina, secara produk-produknya berkualitas, padahal ini baru dua yang kamu jelasin za.. hehe

#Reza : Iya, ki…. Kita ngobrol juga sudah setengah jam, Aku jelasin satu produk lagi ya dari Pertamina yaitu Pertalite, untuk lainnya nanti Aku suruh sekretaris buat berikan ke Kamu hal-hal yang diperlukan untuk konten marketingnya.

*Rizki : Siap za….

Sebelum Reza menjelaskan tentang Pertalite, mereka kembali menikmati kopi dan kentang goreng yang tersedia.

3. Pertalite

pertalite

#Reza : Oke ki, kita lanjut ya… Pertalite itu bahan bakar minyak terbaru yang dikeluarkan oleh Pertamina dengan RON 90. Pertalite dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannya di kilang minyak. Pertalite sendiri diluncurkan pada tanggal 24 Juli 2015 sebagai varian baru bagi konsumen yang menginginkan BBM dengan kualitas di atas Premium, tetapi dengan harga yang lebih murah daripada Pertamax, bahan bakar jenis ini menjadi penengah antara Premium dan Pertamax.

*Rizki : Perbedaan dari premium, pertalite, dan pertamax itu apa za?

#Reza : Aku jawab perbedaanya dari segi warna dan oktannya ya,  untuk Premium memiliki warna kuning cerah yang mana itu berasal dari zat pewarna tambahan (dye). Sedangkan Pertamax berwarna biru kehijauan dan Pertamax Plus yang berwarna merah, Pertamax Plus tidak menggunakan pewarna sehingga pembakarannya lebih sempurna. Untuk Pertalite, berwarna hijau terang sebagai dampak pencampuran bahan Premium dengan Pertamax.

Sedangkan untuk nilai oktonnya beda tipis, yaitu Premium : 88, Pertalite : 90, Pertamax : 92

*Rizki : Untuk komposisi pertalite itu apa saja y za?

#Reza : Komposisi utama pertalite itu nafta yang memiliki RON 65-70, supaya RON-nya menjadi RON 90 maka dicampurkan HOMC (High Octane Mogas Component), HOMC bisa juga disebut Pertamax, percampuran HOMC yang memiliki RON 92-95, selain itu juga ditambahkan zat aditif EcoSAVE. Zat aditif EcoSAVE ini bukan untuk meningkatkan RON tetapi agar mesin menjadi bertambah halus, bersih dan irit. Untuk pengertian nafta sama HOMC kamu cari di google ya ki.. hehe

*Rizki : Oke za, hehe… Lengkap banget ni penjelasannya.

#Reza : 3 diatas merupakan sedikit dari sekian banyak produk pertamina lainnya, seperti Minarex, Fastron, Kerosine, dan masih banyak lagi produk pertamina lainnya.  pertamina itu menyediakan bahan bakar yang berkualitas dan ramah akan lingkungan, tidak menjadikan produknya sebagai penyebab hancurnya lingkungan.

*Rizki : Aku mulai kerja kira-kira kapan za?

#Reza : Besok langsung datang aja ki, langsung datang ke kantor ya ki, disini (sambil memberikan kartu). Masih banyak nanti yang perlu Aku sampaikan biar Pertamina semakin maju kedepannya dan buat kamu juga nanti akan banyak konten yang dapat dikembangkan.

*Rizki : Siap, makasih ya za, beruntung Aku punya teman kaya kamu… hehe

#Reza : Sama-sama saling membantu kita.

Itulah percakapan akhir dari Reza dan Rizki yang mengakhiri pula pembahasan mengenai pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan.

Kesimpulan

Semoga penjelasan dalam bentuk cerita ini mudah dipahami dan tidak membosankan pastinya, karena mengingat tulisan ini cukup panjang jika Saya tulis seperti tulisan artikel biasa tanpa dijadikan cerita seperti ini. Artikel ini juga diikutsertakan untuk lomba SEO dan Blog yang diadakan oleh Pertamina, semoga bermanfaat.

Incoming Search Terms:

  • BAHAN BAHAN PERTAMINA
  • bahan bakar ramah lingkungan selain gas
  • bahan bakar yang ada di pertamini
  • pertamina solusi bahan bakar berkualitas hafizh

Related Post

2 Comments

    • Kalo panjang-panjang emang enak bacanya dibikin begini, bagusnya lagi dibikin komik… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *