SEO Adalah : Temukan Jawaban Lengkapnya Disini

SEO adalah? Pasti banyak yang bertanya mengenai hal tersebut, khususnya bagi pemula yang belum mengetahui salah satu strategi marketing online dasyat ini, hehe.

Sabar, tidak perlu terburu-buru dalam mempelajari SEO ini. Bagi saya pribadi, SEO itu seperti ilmu matematika atau nahwu shorof yaitu susah susah gampang.

Ya SEO akan terasa mudah ketika teman teman menikmatinya dan SEO akan terasa susah jika teman teman tidak suka.

Saya harap Anda pelajari dan pahami dulu, kemudian putuskan apakah menyenangkan atau justru malah menjengkelkan, karena masih banyak sekali strategi marketing online yang dapat Anda lakukan dan pelajari seperti Fbads dan lainnya.

Gak masalah suka atau tidak pada SEO, yang penting Anda tahu dulu apa itu SEO.

SEO Adalah Strategi Marketing Online No 1

SEO itu adalah

Bagi saya pribadi SEO adalah salah satu trik marketing yang dahsyat, sudah banyak yang merasakan omset ratusan bahkan miliaran rupiah dari ilmu SEO ini. Baik itu untuk toko online, adsense, affiliate marketing, dan sumber penghasilan dari internet lainnya.

Jadi tidak salah kalau ada workshop, kursus, ataupun e-course yang membahas tentang SEO ini dengan harga jutaan, karena timbal balik yang didapatkan sangat jauh sekali.

Jika Anda tipe orang pengambil resiko, dalam arti rela keluar satu juta untuk mendapatkan sepuluh juta, maka trategi SEO adalah pilihan tepat.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa Indonesia disebut juga optimisasi mesin pencari.

Hampir semua perusahaan-perusahaan yang sudah go online melakukan salah satu strategi marketing ini, yaitu SEO. Selain dapat mendatangkan pengunjung ribuan, dapat pula menjadikan pengunjung tersebut pembeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Bagaimana tidak, khususnya di Indonesia hampir semua pengguna internet menggunakan mesin pencari google untuk mencari informasi atau solusi ataupun inspirasi guna menemukan apa yang ingin dicari.

Biasanya pengguna google mengklik situs yang berada pada halaman pertama google dan rangking 1-3, untuk 4-7 itu persentasenya sedikit kecil untuk dibuka, sedangkan 8-10 lebih kecil lagi. Artinya, semakin posisi rangking situs Anda bagus maka akan banyak pengunjung yang berdatangan.

Pada saat itulah SEO berperan, yaitu agar sebuah situs dapat nangkring atau rangking pertama di mesin pencari khususnya google.

Baca Juga : Cara Pemasaran Online yang “Out Of The Box”

Dari penjelasan diatas seharusnya sudah jelas, tetapi akan saya uraikan lebih detail mengenai SEO ini, khususnya pada pengertiannya. Untuk triknya mungkin dilain waktu akan saya coba kupas dan disini mungkin sekelumit yang akan saya bahas.

Apa Itu SEO? Pengertian SEO Menurut Pakar

apa itu seo

 == SEO ADALAH ==

Untuk pengertian SEO secara awal, akan saya paparkan definisinya menurut wikipedia. Berikut definisinya menurut wikipedia, SEO adalah:

serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Untuk pemahaman yang lebih mendalam, berikut paparan pengertian SEO menurut para ahlinya:

1. Menurut Rand Fishkin, SEO adalah kombinasi dari taktik maupun strategi yg mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, kemudahan penggunaan, fokus pada kualitas konten, penargetan pengunjung, desain, pengembangan website, riset kata kunci, penempatan kata kunci, link building, social media dan segala macam elemen marketing online dan offline yg mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak traffik atau visitor dari search engine.

2. Menurut Neil Patel (lebih mudah dimengerti) SEO adalah sebuah seni untuk memahami search engine dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah situs memiliki peringkat lebih tinggi dan terus meningkat di dalam search engine (bing, google, yahoo, dan lain-lain)

Itu pengetian SEO menurut wikipedia, dan 2 pakar lainnya. Sebenarnya masih banyak para pakar atau ahli yang mendefinisikan SEO, tetapi nanti malah membuat Anda bingung.

Tetapi bagi saya lebih SREG atau cocok pada pendefinisian yang dikemukakan oleh NEIL PATEL, karena lebih sederhan dan itu adalah intinya.

Apakah SEO hanya untuk meningkatkan penjualan atau ada hal lain dari pemanfaatan SEO itu sendiri? lanjut dibawah akan dibahas.

Manfaat SEO (Search Engine Optimization)

manfaat seo

Ketika berbicara SEO memang lebih lekat berbicara juga soal marketing dan ketika berbicara marketing maka sebuah bisnis pasti ada, jadi SEO selalu indentik untuk sebuah bisnis, berikut ulasan manfaat SEO.

#Manfaat ke 1

SEO Adalah Cara Untuk Meningkatkan Penjualan, jika teman-teman saat ini hanya fokus pada offline artinya hanya buka toko dipinggir jalan, maka untuk meningkatkan penjualan GO online adalah cara yang tepat.

Jika calon pembeli datang ke toko Anda sehari 50 orang mungkin sudah biasa, jika yang datang 1.000 orang mungkin ini sudah sangat besar, tetapi bisa di bayangkan jika 3.150.000 orang (5 % dari 63 juta, yaitu proyeksi pengguna internet di Indonesia pada tahun 2015) yang datang ke toko untuk membeli, bagaimana? Sangat besar bukan potensi untuk mengonlinekan sebuah usaha.

Resikonya Anda harus siap-siap tenaga untuk menghadapi orderan yang semakin membludak, apapun produk Anda jangan takut untuk segera go Online. Bahka saya pribadi melihat, sudah ada yang menjual bawang merah dari brebes, kain kafan, kapas, bata, dll.

Jadi dari barang ringan sampai barang berat pun Ada.

#Manfaat ke 2

SEO adalah alat untuk menjadikan sebuah BRAND semakin terkenal, Jika Anda seorang trainer, motivator dan profesi lainnya, maka SEO adalah alat yang tepat untuk mendongkrak kepopuleran.

Bayangkan saja, banyak sekali yang akan melihat Anda melalui internet dan ini menjadikan kelebihan tersendiri serta memiliki nilai trust yang lebih dimata pengunjung.

Sudah banyak contoh kasus yang menjadikan seorang terkenal karena melakukan strategi SEO ini, jika Anda mencari informasi mengenai template blog, maka mas sugeng sudah terkenal dengan brandnya.

Untuk sekelas brand nama website, jika Anda ingin mencari informasi seputar islam maka konsultasi syariah, telah terkenal dengan brandnya.

Dan satu kesamaan dari contoh diatas, yaitu menggunakan SEO. Dahsyat bukan…

Secara garis besar SEO itu manfaatnya yang telah disebutkan diatas, jarang dan bahkan hampir tidak ada juga yang melakukan optimasi website lalu tidak ada tujuan apa-apa, biasanya yang menggunakan SEO selain memberikan informasi juga ada untuk penambahan seperti memasang space iklan, baik itu dari orang lain, adsense, atau sistem penyedia iklan lainnya.

Tahapan Tips dan Trik Strategi SEO

tips dan trik seo

Untuk melakukan SEO ada beberapa hal yang harus disiapkan atau dilakukan agar bisa mencapai hasil maksimal, dalam arti rangking pertama.

#Tahap Ke 1

Persiapkan sebuah website yang akan dioptimasi, baik itu menggunakan blogspot, wordpress, dan lain sebagainya.

Itu yang saya sarankan agar terlihat lebih profesional, memang dilain kasus bisa melakukan SEO tanpa website, seperti dengan sebuah status facebook, fanspagenya, twitter, thread kaskus, dan lain lain, tetapi itu tidak dianjurkan karena dimata pengunjung akan terlihat kurang terpercaya.

#Tahap Ke 2

Riset kata kunci, menurut saya pribadi: riset kata kunci menentukan 60% dalam sukses SEO dan suksesnya meningkatkan penjualan, mengapa bisa demikian?

Karena jangan sampai teman-teman mengoptimasi kata kunci tetapi tidak ada pencarinya atau ada pencarinya tetapi saingannya banyak banget.

Tool terkenal yang telah disediakan oleh google adalah “google keyword planner”, teman-teman dapat gunakan ini, karena data yang digunakan google update setiap bulan.

#Tahap Ke 3

Lakukan on page SEO dengan baik dan benar, onpage SEO dalam arti mengoptimasi sebuah website pada kontennya (dari dalam), seperti terdapat kata kunci yang ingin ditarget, konten yang nyambung dengan judul, tulisan yang original, dan lain-lain (masih banyak) tetapi intinya, buat pengunjung yang baca betah dan mendapatkan informasi seutuhnya.

Dulu memang enak, Anda cukup meletakkan kata kunci di judul, deskripsi, dan konten sudah bisa rangking pertama, walaupun artikel yang Anda tulis tidak nyambung dengan judul, konten yang copy paste.

Tetapi hal itu disadari dan google mengubah algoritmanya menjadi lebih detail dan dapat mengenali sebuah situs yang berkualitas dan tidak.

#Tahap Ke 4

Lakukan offpage SEO secara baik dalam arti natural, offpage SEO yaitu mengoptomasi sebuah website dari luar. offpage SEO yang terbaik dan natural adalah orang lain mereferensikan agar pengunjung websitenya mengunjungi website Anda.

Tetapi itu terjadi jika situs Anda sudah besar dan meyakinkan.

Untuk strategi offpage sangat banyak sekali, bisa dengan membangun web 2.0, PBN, sosbok, dan lain-lain.

Kesimpulan

Dilain waktu kalau ada kesempatan mungkin saya bisa sharing tentang tips SEO, mulai dari riset keyword, onpage, dan offpage. Semoga saya dan teman-teman mendapatkan kesehatan agar terus menebar manfaat.

Setelah membaca pemaparan diatas, Andalah yang menentukan apakah SEO itu menyenangkan atau malah menjengkelkan, “SEO adalah MISTERI, yang sering belajar dan prakteklah akan menduduki rangking pertama”

Semoga Bermanfaat dan Salam Berbagi 🙂

15 Comments

  1. Terima Kasih Informasinya sangat bermanfaat, untuk saya yang sedang mau belajar tentang SEO.

    Ditunggu om ,artikel tutorial optimasi2 tentang seo onpage dan offpagenya.

  2. Safa Rahmawati
    says:

    Sangat membantu, terimakasih banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *